Air Mata Kehidupan

Selasa, 07 Juni 2011

Gila akibat Bulan Purnama



Luna,...
Selain ngomongin tinggi Luna Maya, ultah Luna Maya, pernyataan Luna Maya, sampai video porno Luna Maya, mending ngomongin yang lain.

Luna = Bulan

Bulan purnama merupakan salah satu hal yang dikaitkan dengan hal-hal mistis seperti halnya gerhana bulan. Tapi kalau orang tiba-tiba menjadi gila saat bulan purnama atau pasien RSJ tiba-tiba kumat dan menggila, percaya tidak percaya hal tersebut memang terjadi.

Apa hubungannya bulan purnama dengan kumatnya mereka? Salah satu penjelasan mengatakan bahwa bulan itu punya gaya tarik terhadap air. Pasang surut air laut konon disebabkan gaya tarik bulan ini. Dalam kaitan ini, sebagian besar komposisi tubuh manusia terdiri dari zat cair, yang juga akan terpengaruhi oleh gaya tarik bulan itu. Maka dari itu ketika bulan purnama terjadi, posisi bulan menjadi sedemikian rupa sehingga memberikan pengaruhnya yang terbesar. Akibatnya kegilaan di RSJ bisa muncul.

Istilah dalam bahasa inggris adalah Lunatic. ternyata ‘lunatic’ punya akar kata ‘luna’, yang berarti bulan. Sudah barang tentu kita dapat menduga pasti ada apa-apanya antara bulan dan kegilaan. Dalam khasanah bahasa Indonesia sama sekali tidak ada referensi tentang hal ini, tapi dalam bahasa Inggris ternyata itu diabadikan secara leksikal, yang menunjukkan pengalaman para penuturnya telah memberi afirmasi mengenai hal ini.

Jadi, apakah benar tentang pengaruh gravitasi bulan itu? Memang ada referensi historis yang memberikan petunjuk, tapi sulit untuk membuktikan ini secara ilmiah. Bagaimanapun kita harus berhati-hati saat bulan purnama.

Tidak ada komentar: